Apa Kata Mereka yang Lulus dari Jurusan Akuntansi? - Maukulia

Maukuliah.com memberi info realita jurusan di kampus. Mulai memilih jurusan, universitas, sampai potensi kerja di masa depan. Info jurusan kuliah akan selalu update memberikan wawasan mata kuliah dan potensinya. Calon mahasiswa wajib tahu karena akan menentukan masa depanmu.

Search This Blog

Monday, November 4, 2013

Apa Kata Mereka yang Lulus dari Jurusan Akuntansi?

PENGALAMAN KULIAH JURUSAN AKUNTANSI      


Well, artikel ini bukan membahas Akuntansi yang secara teori banget loh ya,hihi. Ini cuman sekedar mau sharing aja tentang apa sih Akuntansi, kenapa harus milih Akuntansi, beda Akuntansi sama jurusan lain yang bisa dibilang “mirip”, dan pahit manisnya kuliah di Akuntansi (ceileee bahasanya :-D). Tentu, apa yang nantinya ditulis adalah dari kacamata penulis dan pengalaman penulis, terlepas dari bener atau enggaknya. Oke,cuuus kita mulai ya..
 So, apa sih Akuntansi? Kalau dari teorinya sih Akuntansi itu proses mencatat, mengklasifikasi, dan mengikhtisarkan transaksi yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi, lalu melaporkannya dalam bentuk laporan keuangan yang nantinya akan membantu shareholder (pemegang kepentingan) dalam mengambil keputusan.

Wuih kok panjang amir yak pengertiannya, bikin pusing. Oke, jadi pada intinya Akuntansi itu ilmu yang mempelajari bagaimana membuat laporan keuangan. That’s the point. Gampang-gampang susah lah. Terus, kenapa harus milih Akuntansi kalau susah begitu? Jawabannya adalah karena lowongan kerja buat seorang akuntan (orang yang berkecimpung dalam dunia Akuntansi) itu bisa dibilang cukup banyak pake banget. Lihat deh tiap ada lowongan kerja di koran-koran, jobfair, web online, mayoritas pasti lagi butuh akuntan, yang notabene berasal dari jurusan a-k-u-n-t-a-n-s-i.

Beda Akuntansi, Manajemen, Ilmu Administrasi

Akuntansi itu beda loh ya sama Manajemen atau FIA (ilmu administrasi). Banyak yang salah kaprah dan menganggap Akuntansi, Manajemen, sama FIA itu sama aja. Beda, Akuntansi itu lebih mempelajari bagaimana mengklasifikasikan tiap transaksi perusahaan dan melaporkannya dalam sebuah laporan keuangan, sedangkan Manajemen itu lebih mempelajari bagaimana memanage perusahaan agar bisa lebih berkembang nantinya (baik dari segi keuangan, SDM, maupun pemasaran), jadi Manajemen.
Baik Akuntansi sama Manajemen bisa dibilang saling melengkapi, Akuntansi mempelajari sedikit ilmu Manajemen, dan begitu sebailknya. Untuk FIA, penulis belum begitu mengerti, cuman FIA juga mempelajari sedikit ilmu Akuntansi dan Manajemen, karena nantinya diharapkan akan bekerja dalam bidang administrasi (administrasi biasanya tidak berakhir pada membuat laporan keuangan). Nah loh, kok kayaknya hampir sama aja ya 3 jurusan ini. Bedaaa.

Kalau kata orang sih ya, Akuntansi itu bisa dibilang ilmu dasar buat kedua jurusan itu (Manajemen dan FIA), jadi ilmu Akuntansi itu akar untuk kedua ilmu itu. Manajemen (apalagi Manajemen keuangan) pasti dan wajib belajar Akuntansi. Meskipun mahasiswa Manajemen dan FIA diberikan matakuliah Akuntansi, tentunya hanya diberikan basic saja, bukan mendalam yang nantinya akan bisa dipelajari di jurusan Akuntansi. Jadi keuntungan dari anak jurusan Akuntansi adalah dia tidak terlalu sulit untuk menghandle tugas-tugas yang bisa jadi merupakan pekerjaan anak jurusan Manajemen dan FIA, karena dasar ilmunya dia pegang. Lain halnya jika kedua jurusan itu mau menghandle pekerjaan orang Akuntansi, wah tentu akan sulit banget, karena mereka kurang mendapat pengetahuan yang mendalam tentang Akuntansi.

Susah gak sih kuliah di Akuntansi?

Hmmm kalau ditanya susah itu relatif ya, tergantung sudut pandang masing-masing orang. Tapi yang pasti, yang bisa masuk di jurusan Akuntansi itu bukan hanya anak IPS ya, anak IPA juga bisa, dan bahkan mayoritas yang masuk Akuntansi itu waktu angkatan penulis itu malah anak IPA. Jadi, jangan anggap enteng ya buat anak IPS. Penulis juga berasal dari jurusan IPS, yang awalnya cukup awam kalo ternyata Akuntansi itu juga banyak diminati oleh anak IPA, jadi kebayang deh saingannya, udah saingan sama sesama anak IPS, ditambah saingan anak IPA yang menambah seru dunia persilatan ujian masuk Akuntansi :P

Tapi kalau udah masuk Akuntansi, materinya g sesulit yang dibayangin kok, asal bermodal niat dan usaha, pasti mulus-mulus aja kuliah di Akuntansi. Trus, kenapa kok cukup banyak anak yang keluar dari jurusan kuntansi ya? Banyak faktor sih, dari yang gak suka dari awal karena dipaksa sama orang tua buat masuk Akuntansi sampai yang gak kuat lihat angka-angka Akuntansi yang selalu muter-muter di kepala.

Tapi banyak juga kok yang awalnya dipaksa oleh orang tua untuk masuk Akuntansi, akhirnya kerasan juga dan bahkan mendapatkan IP (indeks prestasi) yang memukau. Kembali lagi, kalau ada niat dan usaha, semua akan baik-baik aja kok.

Perlu ditekankan sekali lagi ya, belajar Akuntansi itu gak sesulit apa yang dibayangin kok, ya namanya tantangan-tantangan dalam belajar pasti ada (bukan cuman kuliah di Akuntansi, kuliah di jurusan manapun pasti juga begitu), yang penting enjoy aja dan nikmatin tiap tantangan yang kamu hadapi. Hidup itu penuh tantangan, dan tantangan itu yang bikin hidup lebih berwarna. :)

Sekian sedikit ulasan tentang Akuntansi, semoga bermanfaat!

Choice on you, but be wise, coz your choice now will affect in your future life :)

S1, Akuntansi
Ratna Sari Dewi

ARTIKEL TERKAIT


LIHAT JURUSAN LAIN :


41 comments:

  1. tngkyu untuk tmakin yakin tips nya,jadi smakin yakin dngan pilihan yang saya ambil.
    gog go akuntansi.

    ReplyDelete
  2. dhewi R lutfianieJune 18, 2014 at 1:31 AM

    makasih ya mbak cerita nya… jdi meng inspirasi aku bwat semangat belajar akuntansi… :)

    ReplyDelete
  3. aku juga anak ipa tapi pilih akuntansi :D

    ReplyDelete
  4. saya mahasiswi akuntansi mau masuk semester 5, saya dulu IPA lo..hahah belajar akuntansi itu cukup menantang rasanya nano nano..hahha

    ReplyDelete
  5. Mb.. tulisan anda itu penuh dg ajakan semangat dan nasehat yg baik bagi orang yg takut akan tantangan termasuk mengambil jurusan akuntan. good.

    ReplyDelete
  6. waktu SMK saya jurusan Multimedia. Tapi saya tidak merasa enjoy menjalaninya. Sekarang saya kuliah ambil akuntansi. Memang sangat jauh dari multimedia saya dulu. Yang saya takutkan apakah saya dapat mengikuti perkuliahan akuntansi dengan baik sampai saya lulus. Karena teman-teman saya bilang akuntansi itu susah.

    ReplyDelete
  7. Teruss gimnaa sma anak TKJ
    apaa biza masuk jurusan akutansi juga, sainganNya ank IPS IPA..

    ReplyDelete
  8. artikel yg lain bilang akutansi itu susah setengah mati.. hingga bikin gw down. tapi artikel ini bikin gw bertambah nyali untuk masuk akutansi.. semoga lancar

    ReplyDelete
  9. Eliska Sri Putri NingsihJanuary 26, 2015 at 7:35 AM

    Hai kak, aku anak ipa nih tapi pengen ngambil jurusan hukum dan tertarik juga sama jurusan akuntansi. Tapi yang jadi masalah kemampuan dalam bidang matematika ku agak kurang. Apa bisa yah kak?? thx

    ReplyDelete
  10. Terima kasih mba buat artikel nya.
    Bikin aku mantap masuk jurusan Akutansi :)

    ReplyDelete
  11. anak ADP Bisa msuk akuntasi atau manajemen gak?

    please your answer!

    ReplyDelete
  12. wow semakin tertarik untuk masuk jurusan akuntansi :-)

    ReplyDelete
  13. Halo mbak Ratna,
    Saya Rizka, saya keterima dijurusan akuntansi, dengan jalur snmptn tahun ini, sungguh saya takut bgt, karna banyak yang bilang akuntansi itu berat. Aduh saya menjelang menunggu kelulusan SMA dan menjelang menunggu masuk kuliah ini, saya selalu khawatir tentang apakah saya nanti sanggup dengan jurusan yg saya pilih ini(?). Tapi saya sudah lebih tenang membaca artikel mbak, terlebih yg bagian "Susah gak sih kuliah di akuntansi". Ya semoga nanti tak sesulit yang saya bayangkan. Terimakasih sekali lagi :D

    ReplyDelete
  14. kak kalo masuk akuntansi itu emang cuma orang" yang jago matematika aja ya? soalnya aku gak terlalu jago di mtk tapi jago bgt kalo di pelajaran ips nya. kira" kalo kaya gitu bisa masuk akuntansi gak ya? thanks:)

    ReplyDelete
  15. asalamualaikum kak saya ingin bertanya saya skolh smk jurusan akuntansi .akuntansi biasa sma akuntansi syariah sma gak bisa jd guru gak

    ReplyDelete
  16. Haposan FernandoJune 11, 2015 at 8:53 AM

    Saya anak Akuntansi juga, banyak yang bilang Ekonomi Akuntansi bukan ilmu eksakta..weleh - weleh...belom pernah nyoba masuk kelas diaa..hhahaha.

    ReplyDelete
  17. ka.. thanks ya.. ada baca artikel kaka jd semangat jg masuk akuntansi..

    ReplyDelete
  18. Ya emang gak segampang ITU belajar di akuntansi, asal ada niat Dan usaha sperti yg diktakan penuliz smua akan lancar2 ajaa, yg penting bisa llus di jurusan akuntansi pun anda harus bangga, lapangan pekerjaannya juga sgat trbuka lebar buat jurusan ini,
    Saya juga mahasiswa jurusan akuntansi, salam laporan keuangan :D

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah saya masuk PTN Akuntansi, Postingan ini sangat membantu tambah semangat saya untuk memperdalam Akuntansi.
    Saya jg dari jurusan IPS min :)

    ReplyDelete
  20. Makasih, sangat menginspirasi!

    ReplyDelete
  21. aku smk lulusan otomotif,,,,saya ngmbil akuntansi ,,s1 ,teryata gak terlalu sulit,dan saya sangat meyukai akuntansi,dan saya bisa lebih memenej uang sendri hehe

    ReplyDelete
  22. Mau tanya dong kak, aku dari jurusan ips, dulu aku kelas XI mnurutku akuntansi itu ssah, tapi waktu klas XII aku mrasa agk lbih sdkt mngerti mungkin karna faktor guru yang mengajar,.tapi saya juga kurang hndal dlam plajaran matematic., dan stelah sya llus ini saya mau mengambil jurusan akuntansi, terkdng sya juga mrasa tkt tdk bsa mnjalaninya dan tdak bsa menyeimbangi kmampuan tmn" bru sya nnti yg lebih handal dan pintar ,. Apakah kputusan saya benar dlam mengambl jrusan tsb,? Trimaksih kak 😊

    ReplyDelete
  23. Kalau senang di jurusan akuntansi, sesulit apapun pasti bisa dijalani.

    ReplyDelete
  24. Apa anak yang dari jurusan bahasa bisa masuk ke akuntansi ?

    ReplyDelete
  25. Hai kak, Terima kasih infonya:).. saya jadi semakin mantap dan tertarik buat masuk jurusan akuntansi:)

    ReplyDelete
  26. ka aku anak smk jurusan multimedia lulus tahun 2015, saat ini aku kerja, tpi ingin lanjut kuliah lagi th 2016, ingin ambil jurusan akutansi, tapi gimana yah tes masuknya sulit apa tidak? Tapi aku udah niat bgt ke akutansi soalnya yaitu tadi ksemptn kerjanya banyak.. Jawab ya kak, makasih

    ReplyDelete
  27. Sulit kayaknya jadi akuntan???

    ReplyDelete
  28. Mudah2 han aku yg bisa jadi mahasiswa akuntansi. Kepengen banget. Insya allah. Amin.

    ReplyDelete
  29. Wulan JulliyantiJune 18, 2016 at 4:15 PM

    Aku di SMK jurusan pemasaran, apa bisa buat masuk jurusan akuntansi.. ??

    ReplyDelete
  30. kak apa sih bedanya akutansi sama pendidikan akutansi?

    ReplyDelete
  31. Makasih mba infonya ... Jadi makin minat dengan Akuntasnsi.

    ReplyDelete
  32. Saya dulu lulusan farmasi tp rasanya itu bukan jalur saya karna dulu jg waktu masih smf pelajaran yg paling sreg cuma administrasi keuangan jd kayakny cocok kalau ambil akuntansi.. tulisan ini jg bikin sy tambah semangat ngambil akuntansi.. bismillah..

    ReplyDelete
  33. Btw, alumni dimana yah TS?? Klo boleh tau, lagi nyari" tempat kuliah buat jurusan akutansi

    ReplyDelete
  34. jadi seperti itu ya kuliah akuntansi yang banyak diminati orang... terimakasih

    ReplyDelete
  35. Aku jg dari jurusan IPA,tapi sampai saat ini (semester 5 )aku havefun aja tuh di kampus,walapun awalnya rada kelabakan karena harua banting stir karena pas sma ga ada belajar akuntansi tapi untuk saat ini udah biasa .kan alahkah bisa karena biasa, Tapi ada sedikit dilema sih karena akuntansi jg ada pembagian jurusannya lagi umum sama perpajakan ada yang bisa bantu aku kasih masukan ? Lagi dilema bangetttt

    ReplyDelete
  36. Software Akuntansi dan menejemen keuangan murah cek di http://kementeriankeuangan.com/

    ReplyDelete
  37. terimah kasih buat referensinya...

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot